Apa Itu Demam Tifoid Dan Paratifoid

Apa Itu Demam Tifoid Dan Paratifoid

Apa Itu Demam Tifoid Dan Paratifoid

Demam tifoid dan paratyphoid adalah demam yang di sebabkan oleh strain kuman (bakteri). yang terkait namun berbeda, kedua penyakit ini serupa dan keduanya disebut demam enterik. Meski demam paratyphoid tidak parah tetapi mereka biasanya tertangkap melalui makan atau air yang telah terkontaminasi. infeksi ini sering kali terjadi di negara negara yang berkembang dengan sinestasi yang buruk.

Pengobatan anti biotik, biasanya dapat membantu dan bekerja dengan baik untuk mempercepat demam agar menurun. Namun tanpa pengobatan biasanya sekitar 1 dari 5 orang yang terkena demam paratyphoid biasanya mati. meski paratyphoid tidak sering berakibat fatal tapi apabila tidak segera mendapatkan pengobatan maka penyakit tersebut akan menjadi lebih fatal.

Adapun dengan cara mencuci tangan secara rutin dan meminum air kemasan, itu dapat membantu pencegahan terjadinya demam tifus. jadi oleh karena itu sebelum kita melakukan aktivitas dan sebelum makan, alangkah baiknya kita mencuci tangan terlebih dahulu.

Anda juga harus merebus, memasak atau mengupas makanan sebelum memakannya saat berada di daerah di mana tifoid biasa terjadi. Vaksin juga dapat membantu mencegah tifoid, jadi masuk akal jika divaksinasi sebelum Anda melakukan perjalanan ke daerah di mana risiko tifoid signifikan.

Apa Itu Demam Tifoid Dan Paratifoid  –  Demam tifoid adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. hal ini dapat masuk kejenjang yang lebih serius bahkan bisa berakibat fatal apabila tidak  segera diobati atau mendapatkan pengobatan yang tepat.

Apa Itu Demam Tifoid Dan Paratifoid

Demam paratyphoid adalah infeksi yang serupa namun memiliki gejala yang lebih ringan. hal ini disebabkan bakteri salmonella paratyphi.

Ada tiga jenis salmonella paratyphoid yang sering disebut strain AB dan C. A yang sering terjadi di dunia, meskipun B lebih sering terjadi di eropa. C jarang terjadi.

Penyakit ini dikenal dengan berbagai nama lain, seperti demam gastrik, demam enterik, tifus perut, demam remitan bayi, demam lambat, demam gugup, dan demam pythogenic. Nama tipus berarti “menyerupai tifus”. Namun, meski bisa ada beberapa gejala yang serupa, tifoid adalah penyakit yang benar-benar terpisah.

Dimana sih demam Tifoid dan Paratipoid sering terjadi?

  • Standar kebersihan yang tidak terjaga
  • Standar kebersihan yang tidak dapat dipertahankan
  • Kurangnya air bersih dan pembuangan sampah limbah air yang aman

Pada skala di seluruh dunia, terjadinya demam tifoid dan paratyphoid berkurang drastis sampai abad ke-20. Hal ini sebagian disebabkan oleh perbaikan akses terhadap air bersih dan sanitasi dan untuk lebih memahami kebersihan. Itu juga karena ditemukannya antibiotik yang bisa mengobati penyakit.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Manfaat Labu Untuk Tipes

Posted By Pengobatan Tradisional Tipes

Apa Itu Demam Tifoid Dan Paratifoid

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *